https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI | Fitriani | OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Fitriani Fitriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar  secara bersama-sama terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di SMA Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran  2012/2013, Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 4 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 101 siswa. Sampel diambil 78 siswa dengan teknik random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran  berada pada kategori cukup dengan persentase 46,15%, fasilitas belajar dinyatakan kurang dengan persentase 32,05%, dan prestasi belajar dinyatakan baik dengan persentase 43,59%. Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa variabel penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar, R sebesar 0,650 (F = 27,470; sig. 0,000<0,05) koefisien determinasi (R2) sebesar 0,423 yang berati bahwa pengaruh penggunaan metode pembelajaran dan fasilitas belajar  secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 42,25% dan sisanya 57,75% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan Regresi Y= 29,650+ 0,739X1 + 0,743X2. Variabel penggunaan metode pembelajaran  memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar thitung 4,686; sig. 0,000<0,05 dan besar pengaruh sebesar 22,66%. Variabel fasilitas belajar  memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar thitung 5,935; sig. 0,000<0,05 dan besar pengaruh sebesar 31,92%.

Kata Kunci: Pembelajaran, Fasilitas, Belajar, Prestasi

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: